Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan digital payment secara parsial maupun simultan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 59 pelaku UMKM yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, media sosial dan digital payment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan, dibuktikan dengan nilai F-hitung (11,762) > F-tabel (3,16) dan signifikansi 0,000. Secara parsial, variabel media sosial (t-hitung 3,036; sig. 0,004) dan variabel digital payment (t-hitung 2,531; sig. 0,014) masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut mampu menjelaskan 17,1% dari variasi peningkatan pendapatan UMKM, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.